Laporan Keuangan



Laporan Keuangan
Debhy Ridho Wirawan

Kesimpulan Manajemen Keuangan Tugas dan Fungsi
Tujuan manajemen keuangan memperbesar perusahaan dengan mengembangkan setiap kesempatan yang ada tetapi dilain sisi juga harus menjamin kesejahteraan para memegang saham.
Tugas manajer keuangan mampu memberikan pengaruh positif didalam arus kas. Karena aktifa tetap bisa berjalan adanya aktifa lancar yang berjalan seimbang untuk mengoptimalkan aktifa tetap. Perusahaan untuk mendapatkan modal juga melakukan pinjaman. Perusahaan manajer juga mempertimbangkan tingkat bunga dan resiko bunga. Dan harga saham juga menentukan kualitas sebuah perusahaan.
Dan manajemen keuangan juga melakukan kebijakan membagikan deviden pada para pemegang saham seberapa besar hasil modal yang ditanamkan.
Perhitungan manajemen dengan akuntasi berbeda misalnya seorang manajer rata –rata perhari bekerja  delapan jam dengan gaji rata rata per hari tiga juta dan ada hari di luar kantor misalnya ada kunjungan dengan merelakan pekerjaannya di kantor mendapatkan imbalan sepuluh juta. Akutansi menghitung dengan biaya nyata contoh biaya transportasi, biaya konsumsi, tunjangan manajer. Tetapi manajemen menghitung berbeda disisi lain juga memperhitungkan waktu yang terbuang saat misalnya macet seharusnya manajer sudah datang dikantor pukul duabelas  siang karena macet di jalan perusahaan rugi satu jam manajemen penuh dengan pertimbangan.

Laporan Keuangan
Laporan keuangan yaitu bentuk hasil akhir dari proses akutansi selama priode tertentu. Secara umum laporan akuntassi terdiri dari tiga bagian neraca, laporan laba rugi,  laporan sumber dan penggunaan dana.


Neraca
Neraca didalam neraca terdapat beberapa akun atau kekayaan perusahaan misalnya sebagai berikut.
KEDAI KOPI DCFL
NERACA
Per 31 Des 2013
Harta lancar

utang

Kas
........
Utang....
.......
Iklan dibayar dimuka
........


Perlengkapan
.........
Modal
........
Piutang
.........


Harta tetap



Peralatan       .......



Akumulasi      peralatan      ......

.........


Jlh aktiva
........
Jumlah (U+M)
Hasilnya sama

Laporan laba rugi
Laporan laba rugi menggambarkan sebuah perusahan selama periode tertentu berkembang atau sebaliknya jadi diketahui bagaimana kinerja perusahaan misalnya sebagai beikut.

KEDAI KOPI DCFL
LAPORAN RUGI LABA
Per 31 Des 2013

Pendapatan


Pendapatan kopi
...

Jumlah pendapatan

....
Beban


Beban gaji
...

Beban iklan
...

Beban sewa
...

Beban perlengkapan
...

Jumlah beban

...
Laba bersih

...

Laporan sumber dan penggunaan dana
Laporan sumber dan penggunaan dana dari mana dana itu diperoleh. Sumber pendanan tentunya dengan kebijakan yang memberikan perusahan lebih berkembang apa bila memiliki beberapa alternatif mana yang menguntungkan bagi perusahaan selain itu juga memperhatikan  pemegang saham tidak dirugikan misalnya obligasi atau utang bank. Dan bagaimana cara mengalokasikan dana agar perusahaan terus berkembang dan dana bisa berjalan sejara optimal.
Tujuan analisis keuangan untuk mengidentifikasi kelemahan yang mungkin bisa terjadi dan bisa digunakan sebagai kebijakan untuk memperbaiki dimasa depan.

Daftar pustaka
             Raharjaputra, Hendra S. 2009. Manajemen Keuangan dan Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
 Tampubolon, Manahan P. 2005. Manajemen Keuangan: Konseptual, Problem, dan Studi.      Bogor: Ghalia Indonesia.
Syamsuddin, Lukman 1994. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta : PT RajaGrafindo                    
             Persada.   

0 komentar:

Posting Komentar